Undip Sembunyikan Identitas Mahasiswa Pemasang Poster 'Garudaku Kafir'

Sabtu, 20 Mei 2017 - 07:03 WIB
Undip Sembunyikan Identitas Mahasiswa Pemasang Poster Garudaku Kafir
Undip Sembunyikan Identitas Mahasiswa Pemasang Poster 'Garudaku Kafir'
A A A
SEMARANG - Universitas Diponegoro (Undip) telah menemukan pemasang poster bernada provokatif "Garudaku Kafir" di kampus yang berlokasi di Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Kendati demikian, pihak kampus enggan membuka identitas mahasiswa tersebut.

"Ada lima mahasiswa. Kami masih melakukan evaluasi terhadap lima orang itu dan identifikasi sekaligus evaluasi secara lengkap. Apakah ini dilakukan oleh perseorangan atau kelompok," kata Wakil Rektor Undip, M Zainuri di Semarang, Jumat 19 Mei 2017.

Pihak kampus sedang mempertimbangkan sanksi yang bakal diberikan kepada para pelaku. Jika terbukti menyalahi peraturan akademik maka beragam sanksi mulai ringan hingga berat siap menunggu oknum mahasiswa tersebut.

"Sanksi itu ada tiga tingkatannya yakni ringan, sedang, hingga berat. Sanksi berat berupa skorsing selama dua semester. Apabila itu dikenakan dan mahasiswa tersebut juga terkena sanksi hukum hingga menjadi tersangka, maka dia otomatis menanggalkan gelar mahasiswa," jelasnya.

Lima mahasiswa tersebut merupakan pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP Undip. Mereka berencana menggelar acara seminar pada Sabtu 20 Mei 2017, yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional. Untuk menarik perhatian mahasiswa lain, dibuat poster yang bernada provokatif.

"Terjadi ketidakpatuhan prosedur pada hal ini, karena pemasangan poster itu dilakukan tanpa seizin BEM atau Senat FISIP, meski mereka juga bagian dari pengurus BEM. Jika poster resmi yang dipasang akan mendapatkan stempel," bebernya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7965 seconds (0.1#10.140)